Peringatan Tragedi Situjuah

Tragedi Situjuah di Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat, merupakan peristiwa berdarah , dan mata rantai keberadaan Pemerintah Darurat Republik Indonesia –PDRI-. Peristiwa pembantaian para pejuang Indonesia oleh Belanda ini mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan Indonesia merdeka seutuhnya.

Dalam peringatan 60 tahun peristiwa Situjuah Batua di Kabupaten 50 Kota, wakil Gubernur Sumatera Barat, Marlis Rahman menyampaikan, peristiwa tersebut merupakan upaya Belanda memusnahkan pemancar radio di Koto Tinggi tempat PDRI bermarkas.

Mengetahui niat Belanda para pejuang berpindah ke Situjuah Batua dibawah pimpinan Khatib Sulaeman yang sekaligus sebagai ketua markas pertahanan rakyat daerah.

Niat para pejuang ingin menyerang kota Payakumbuh tempat Belanda bermukim terdengar dan menimbulkan penyerangan besar-besaran di subuh hari di Situjuah Batua.

Peringatan 60 tahun tragedi situjuah juga dihadiri Bupati 50 kota Amri Darwis yang ikut larut dalam peringatan perjuangan mencapai kemerdekaan. Setelah menggelar upacara peringatan, Wagub dan rombongan berziarah dan melaksanakan tabur bunga ke taman makam pahlawan lurah kincia situjuah banda dalam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s