Wapres.RI Jusuf Kalla Membuka Ijtima’ bersama komisi Fatwa Se-Indonesia

Oleh Harpendenita

 

Setelah menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Bunghatta Padang (24/01/2009) pada pagi hari, maka siang harinya Wapres.RI Jusuf Kalla membuka Ijtima bersama Komisi Fatwa se-Indonesia di Kota Padang Panjang Sumatera Barat. 

Wapres meminta fatwa yang dikeluarkan MUI nantinya bisa menjadi solusi permasalahan umat.  Ijtima MUI ini digelar untuk merespon berbagai masalah keagaman yang mencuat saat ini, baik lokal maupun nasional.  Persoalan politik yang semakin memanas menjelang pemilihan legislatif 2009, ternyata juga tidak luput dari perhatian MUI.

Ketua MUI Indonesia, M.A Sahal Mahfudh dalam sambutannya mengharapkan ulama tetap menjaga independensinya dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Sementara itu, Wapres.RI Jusuf Kalla menekankan Ijtima’ MUI adalah kearifan ulama yang menjadi satu dari 3 pilar pembangunan Bangsa.  Persoalan keagaman yang dibahas dan fatwa yang dihasilkan hendaknya dapat menjadi solusi permasalahan umat bukan menjadi ketakutan bagi masyarakat.

Ijtima’ ulama komisi Fatwa MUI se-Indonesia ke-3 dihadiri sekitar 800 perwakilan MUI dari seluruh penjuru tanah air, ormas islam serta perwakilan dari beberapa negara asia tenggara dan timur tengah.  Ijtima ini  akan membahas berbagai persoalan diantaranya tentang hukum rokok, golput, makanan halal/haram, zakat, wakaf, bank mata serta aborsi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s